23.1.17

Resensi Novel Bumi Karya Tere Liye

Resensi Novel Bumi karya Tere Liye
Novel Fantasi Lokal yang Memesona

Peresensi: Prito Windiarto

Blurb:
Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh.
Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku kompak.

Aku sana seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.

Namaku Raib. Dan aku bisa menghilang.

Tere Liye penulis produktif Indonesia itu terus berinovasi, merambah genre baru kepenulisannya. Genre yang biasa ia hadirkan adalah roman, keluarga, dan politik. Kini lewat Bumi (tetralogi Bumi : bumi, bulan, matahari, bintang) ia coba menggarap genre fantasi. Tere Liye penasaran mengapa genre terjemah, misal Harry Potter begitu laris, sementara produk lokal kurang laku.
Sinopsis
Raib. Remaja kelas X SMA sepintas sama dengan remaja kebanyakan. Tak terlalu istimewa. Namun ternyata, ada rahasia kecil dalam hidupnya, ia bisa menghilang.
Perkawanannya dengan Seli ternyata juga menyimpan cerita lain. Bersama Ali, remaja jenius itu mereka bertiga berpetualang ke negeri antah berantah: negeri bulan. Mereka harus mengalami banyak kejadian ganjil, menegangkan, namun juga mengasyikan. Mereka harus menghadapi Tamus, sang panglima perang. Berhasil kah mereka? Atau justru terkalahkan? Simak di novel keren ini.

Kelebihan
Novel ini ber-genre fantasi, lokal, namun dengan kualitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kita diajak berimajinasi. Imaji berbasis ilmiah. Kejadian atau keanehan yang tercipta bukan karena sihir, namun karena kemajuan teknologi.

Buku ini cocok dibaca siapapun, dari anak-anak hingga dewasa. Walau memang lebih utamanya untuk anak remaja. Novel ini insyaAllah aman dari konten negatif.

Selamat berpetualang bersama Raib, Seli, Ali, Selena dan banyak lainnya.

Identitas novel
Judul : Bumi
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Kota Penerbit : Jakarta
Jumlah Halaman : 438

Harga :
Normal toko buku 93.000
Toko buku online NAA 83.00
Pemesanan, sms/wa/line/telegram 087826263364

Nb: cover lama, jari,  pinjaman dari Nisa. Cover baru warna hijau.
Demikianlah resensi Novel Bumi Karya Tere Liye

Tidak ada komentar:

Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...